Arti Pentingnya Busi

BENTUKNYA memang kecil, namun peranannya sangat vital bagi kendaraan. Karena itu jangan sembarangan pilih busi. Salah-salah, sistem pengapian mesin kendaraan Anda dapat terganggu. Perhatikan kode dan spesifikasinya.

Gangguan yang terjadi bisa berupa percikan bunga apinya kecil atau bahkan bunga api tidak memercik sama sekali. Bisa juga kesalahan memilih busi mengakibatkan timbulnya gejala knocking (ngelitik).


Dua hal di atas terkait dengan peran busi dalam sistem pengapian. Bunga api kecil biasanya karena nilai hambatan busi tidak sesuai dengan yang dibutuhkan pada sistem pembakaran. Sementara ngelitik muncul biasanya karena pembakaran bahan bakar dipicu oleh panasnya busi, bukan oleh loncatan bunga api. Jika kondisi ini dibiarkan, lama-lama akan merusak mesin. Terutama piston dan silinder mesin yang mengalami keretakan.

Kesalahan dalam mengganti busi ini menjadi semakin mungkin terjadi mengingat banyak beredarnya busi palsu di pasaran. Untuk membedakannya sangat sulit karena secara fisik yang asli dan palsu 100 persen sama. Karena itu, jika hendak membeli busi, yang pertama disarankan adalah belilah busi di bengkel-bengkel resmi.

Yang tidak kalah penting, perhatikan kode busi. Kode ini menentukan spesifikasi busi seperti fisik, besar tahanan maupun nilai panas busi yang sesuai dengan mesin pada masing-masing kendaraan. Biasanya pada buku manual, pabrikan sudah menginformasikan merek dan tipe busi yang cocok. Kita tinggal mengikuti instruksi-instruksi tersebut.

Di buku manual juga diinformasikan kapan waktunya melakukan penggantian. Penggantian biasanya harus kita lakukan setiap 20.000 km atau sekira dua tahun. Kecuali busi yang terbuat dari bahan iridium yang tetap bisa tahan sampai 100.000 km. Sedangkan tanda-tanda kapan harus mengganti busi, yaitu tenaga mesin yang terasa kurang atau mesin terasa brebet.

Tanda lainnya adalah mesin susah dihidupkan. Busi aus yang masih digunakan pastinya juga akan menghasilkan emisi yang jauh lebih besar, sehingga ketika mengikuti uji emisi, besar kemungkinan kendaraan Anda tidak akan lulus uji emisi.

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

1 Response to "Arti Pentingnya Busi"

  1. mas type busi untuk honda freed dan posisinya ada dimana serta cara membukanya gimana

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING

Dealer Honda Semarang
Mobil Honda Semarang

NEETA
Telp atau WA
0813.2926.4488