Cara Mudah Membersihkan Mesin Mobil Anda

cara bersihkan mesin mobil
Tips Membersihkan mesin. Mencuci mesin mobil Anda dapat dikatakan adalah suatu hal yang berisiko, karena ada potensi untuk kerusakan mobil listrik (computer injection) tetapi bukan berarti sama sekali tidak dilakukan. Oleh karena itu, proses pencucian harus dilakukan dengan hati-hati dan waspada.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan mesin kotor.

Persiapan Mesin untuk di Cuci yaitu
Mesin mobil dicuci harus dalam keadaan hangat. Jika mesin masih dalam keadan dingin, hangatkan mesin mobil Anda dalam beberapa menit.

Setelah mesin mobil Anda terasa hangat, mulailah menutupi bagian seperti bagian koneksi kabel konektor, serta sistem computer elektronik di mesin, dan bagian pengapian ditutupi dengan lembaran kantong plastik, diikat dengan karet gelang atau isolasi tape untuk menghindari kontak dengan air. Atau bisa juga tutup dengan aluminium foil, yang mampu membungkus secara rapat-rapat. Jangan lupa untuk memeriksa tutup oli mesin dan tongkat oli mesin (dipstick) agar tertutup dengan benar.
Proses Mencuci Mesin Mobil
Setelah semua terasa aman, maka mesin mobil siap untuk dibersihkan. Untuk memudahkan pencucian memakai air dengan semprotan tekanan tinggi. Yang pertama adalah bagian bawah harus dibersihkan lebih dahulu setelah itu semprotkan pada bagian dinding mesin.

Untuk mencuci bagian bawah kap mesin menggunakan sabun krim, karena sabun mampu melarutkan kotoran seperti noda minyak yang bercampur dengan debu. Scrub dengan menggunakan sikat berbulu kasar, jika telah selesai dengan cepat bilas dengan air, jangan biarkan air sabun kering dengan sendirinya karena akan timbul bekas luka vlek. Keringkan dengan kain, sehingga tidak ada air menetes ke dalam mesin.

Yang berikutnya adalah untuk mencuci pada ruang mesin, pertama mulai menggunakan semprotan air dengan tekanan rendah dari bagian belakang blok mesin sampai depan. Untuk membantu proses pencucian dapat menggunakan spons, sedangkan untuk menghilangkan kotoran dapat menggunakan kuas atau sikat gigi Sehingga Anda dapat mencapai bagian yang sulit dibersihkan. Setelah itu, keringkan semua bagian mesin dengan chamois dan handuk.

Seluruh proses pencucian harus diambil sikap dengan hati-hati. Jika Anda ragu dalam melakukan tindakan mencuci mesin mobil Anda dapat diserahkan kepada salon mobil. Tapi sebelum diserahkan kepada salon mobil, tanyakan terlebih dahulu kepada mereka. Bagaimana cara mereka melakukan mencuci mesin mobil dan minta sebutkan cara langkah-langkah awal disaat mencuci mesin mobil. Dengan tujuan, ketika proses mencuci mereka tidak tampak sembrono, jika ada jawaban yang dirasa ragu bagi Anda dan tidak profesional carilah salon mobil lain yang lebih baik. Tanyakan juga menjamin pengerjaan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Salam
Semoga bermanfaat....

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

2 Responses to "Cara Mudah Membersihkan Mesin Mobil Anda"

  1. lebih baik kalo mencuci jangan sendiri akan lebih sulit, alangkah baiknya ditemani

    BalasHapus
  2. Wah mencuci mobil pun ada tahap-tahapnya ya sob..makasih atas infonya nih.

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING

Dealer Honda Semarang
Mobil Honda Semarang

NEETA
Telp atau WA
0813.2926.4488