1. Adakah nitrogen palsu?
Ada! Tidak murni nitrogen karena dicampur angin biasa. Efeknya akan terasa ketika peningkatan tekanannya berlangsung cepat. Sebaiknya, acap lakukan pengecekan pada ban dan tingkatkan kepekaan pengemudi terhadap karakter ban yang dipakai, baik sebelum, maupun sesudah diisi nitrogen. Walau kecil, bisa dirasakan perbedaannya.
2. Bagaimana perawatan yang benar untuk ban sudah bernitrogen ?
Tidak ada perawatan secara khusus. Namun, yang perlu dilakukan, jaga tekanan angin dengan mengontrol pakai alat tekanan yang banyak dijual di toko aksesori. Bisa dua atau tiga hari sekali, sesuai dengan mobilitas dan kondisi jalan.
3. Apakah ban tebal dan tipis bisa diisi nitrogen ?
Pada dasarnya, semua jenis ban radial bisa memakai nitrogen. Termasuk jenis yang tipis, maupun tebal. Sebagai informasi saja, khusus ban tipis, elastisitasnya berkurang lantaran dindingnya yang tipis, maka sangat membantu jika diisi nitrogen.
4. Jika sudah memakai nitrogen lantas ingin balik ke angin, apakah perlakuannya sama?
Bisa langsung dicampur saja dengan angin biasa, tanpa harus dikuras dulu, seperti ketika perlakukan dari angin diganti dengan nitrogen.
menurut saya sih kelebihan dari ban Nitrogen, membuat mobil jadi terasa ringan, temperatur ban jadi rendah, mengurangi gesekan ban pada aspal di jalan raya dan temperatur ban ga begitu panas, beban kinerja mesin jadi lebih enteng dan ringan yang nantinya akan menjadi hemat bahan bakar bensin. Mobil balap sama motor GP pakai tekanan angin Nitrogen.
BalasHapusBagaimna cara membedakan ban dunlop dengan ban biasa ?
BalasHapus