Lakukan pemeriksaan kaki-kaki mobil anda dengan melakukan proses spooring dibengkel spooring dan balancing yang anda datangi. Spooring adalah suatu pengecekan kelurusan roda dengan melakukan penyetelan yang meliputi komponen suspensi, steering dan rangka kendaraan.
Setelah anda berkendara beberapa puluh ribu kilometer sebaiknya mobil anda melakukan spooring, karena pada setiap mobil berjalan maka komponen pada kaki-kaki tersebut akan mengalami perubahan maupun keausan sehingga terdapat pergeseran komponen, jadi inilah yang membuat mobil terasa kurang nyaman. Biasanya proses spooring juga diikuti dengan proses balancing agar kondisi kaki-kaki mobil lebih maksimal.
Spooring meliputi tiga macam bentuk penyetelan, yaitu :
A. Camber
Camber adalah sudut kemiringan roda terhadap garis vertikal apabila dilihat dari depan kendaraan.
Camber terdiri dari tiga bagian, yaitu :
- Positif camber yaitu apabila bagian atas roda miring ke luar
- Negative camber yaitu apabila bagian atas roda miring ke dalam
- Zero Camber yaitu apabila bagian atas roda sejajar dengan garis vertikal (penyetelan tepat)
- Meningkatkan Stabilitas
- Meningkatkan Handling
- Mobil tertarik pada salah satu sisi
- Keausan pada satu sisi bagian dalam/luar dari permukaan roda
- Keausan pada bearing roda
- Keausan pada ball joint
B. Caster
Caster adalah sudut kemiringan dari sumbu kemudi apabila dilihat dari samping.
Caster terdiri dari tiga bagian, yaitu :
- Positif caster yaitu ketika bagian atas sumbu kemudi miring ke arah belakang
- Negative caster yaitu ketika bagian atas sumbu kemudi miring ke arah depan
- Zero Caster yaituketika bagian atas sumbu kemudi sejajar dengan garis vertikal (penyetelan tepat)
- Membantu kontrol kemudi
- Membantu roda depan untuk kembali keposisi lurus setelah dibelokkan
- Mobil tertarik pada salah satu sisi
- Stir keras/berat
- Steer melayang sehingga sulit menjaga kestabilan
- Stir tidak kembali setelah belok
C.Toe
Toe adalah perbedaan jarak antara roda kanan dan kiri bagian depan dengan bagian belakang apabila dilihat dari atas kendaraan.
Caster terdiri dari tiga bagian, yaitu :
- Positif Toe (Toe in) yaitu apabila roda bagian depan lebih berdekatan daripada bagian belakang
- Negative Toe (Toe out) yaitu apabila roda bagian depan lebih berdekatan daripada bagian depan
- Zero Toe yaitu apabila roda lurus satu sama lain (penyetelan tepat)
- Sebagai penghilang daya dorong Camber (koreksi camber)
- Meningkatkan daya pengereman
- Arah mobil tidak terkontrol
- Keausan pada satu sisi bagian dalam/luar dari permukaan roda
Dengan melakukan spooring, kondisi kaki-kaki selalu akan terkontrol, alhasil kenyamanan pada mobil dapat terjaga. Oleh sebab itu ikutilah peraturan yang telah disarankan baik dari pihak ATPM agar mobil senantiasa dalam kondisi optimal dan safety.(red)
Ane punya pengalaman buruk Gan.Pertama kali punya roda 4,daihatsu 55 wide ketika di Bogor,hehe.Pernah lepas terodnya, ya mungkin dari gejala langkanya spooring itu.
BalasHapusBenar lakukan pemeriksaan berkala dengan kendaraan kita terutama spooring demi keselamatan dan kenyamanan kita dalam berkendaraan.nice share,makasih ya,happy wekend and happy blogging.
keseimbangan laju mobil tetap terjaga :D
BalasHapuswaduh, ga mudeng aku mas, sporing tu apa, camber juga apa, caster apalagi dan toe juga apa...
BalasHapusweh hebat Mas...
BalasHapussaya boleh ikutan ya ...
saya jadi ingat pelajaran STM dulu..
sudut caster, camber n TOe...
ya sudah semestinya bagi para pengendara dan pemilik kendaraan memeriksakan secara berkala agar nyaman dokendarai...
wah ternyata spooring sangat penting yach sobat....
BalasHapusAku pikir spooring sama balancing sama pengertiannya
BalasHapusBahaya juga ya kalo mobil ga di cek kestabilan dengan spooring
BalasHapusBerapa jangka waktu ideal spooring berkala?
BalasHapus