Cermati Temperatur Mobil yang Cepat Naik

Temperatur tinggi adalah hal yang lumrah bagi kendaraan yang digunakan cukup lama, akan tetapi kalau kenaikan suhu terjadi secara cepat, padahal kendaraan baru dipakai untuk menempuh jarak yang singkat. Anda wajib memperhatikan masalah pendinginan, dalam hal ini adalah pada radiator, terutama pada sistem sirkulasi air pendingin yang berfungsi untuk menjaga suhu kerja mesin. Untuk itu cermati beberapa titik dibawah ini yang mungkin menjadi permasalahannya:

1. Tutup radiator, cek kondisi karet. Jika sudah getas maka segera harus diganti, karena jika kondisi tutup radiator tidak baik akan dapat menyebabkan kebocoran air radiator yang akan berdampak pada peningkatan suhu mesin.
2. Kebocoran radiator, perhatikan kebocoran-kebocoran kecil yang terjadi, hal tersebut bisa diketahui pada saat mesin dalam kondisi yang cukup panas. Untuk memastikan kebocoran, dapat diperhatikan jejak-jejak kebocoran berupa aliran karat yang mengering pada bagian yang bocor.

3. Penyumbatan karat di saluran radiator, hal ini bisa terjadi karena radiator tidak pernah dirawat dengan baik. misalnya dengan pengurasan berkala dan penggunaan air pendingan yang mengandung sifat anti-korosif.

4. Perhatikan kinerja kipas radiator, untuk yang berpenggerak mekanis, pastikan tali kipas bekerja dengan baik. Sementara untuk yang menggunakan electric fan sebagai penggerak, pastikan switch dan motor fan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan peningkatan suhu mesin yang terjadi.
Terima Kasih
Atas Perhatiannya
Salam Hormat Kami
Roy Zakki Wijaya

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

6 Responses to "Cermati Temperatur Mobil yang Cepat Naik"

  1. Bisa jadi temperatur mobil jadi naik dan panas overhead karena pemilihan air radiator menggunakan air biasa, kalo bisa menggunakan cairan khusus untuk radiator mobil

    BalasHapus
  2. saya punya civic 2001 tapi suhu temperatur suka naik turun..ketika idle dia suka naik tetapi jika saya gas kadang turun kadang naik, tapi yang pasti kalau saya bawa jalan suhu temp pasti turun..thermostat di lepas ( gejala masi ada ) akhirnya saya ganti yg baru dan di pasang lagi..thermoswitch di ganti baru ( gejala masi saja terjadi )..radiator sudah di kuras tapi masi awalnya agak normal tapi kambuh di 2 hari setelah di kuras...saya curiga pada motor fan tetapi montir2 yang saya tanyakan semua bilang bagus dan akhirnya saya coba jumper agar si fan nyala terus ( tetap saja gejala masih ada ) kira2 apa yah yang rusak??

    BalasHapus
  3. saya ingin bertanya tentang mobil saya..suhu temperatur naik turun..
    1. thermostat di lepas ( gejala ga hilang )akhirnya saya pasang lagi dan ganti baru
    2. radiator di kuras awalnya baik akhirnya gejala muncul lagi
    3. thermoswitch di ganti ( gejala ga hilang )

    gejala:
    sewaktu starter pagi 30 menit ga mau nyala kipas nya disangka thermoswitch ( akhirnya saya ganti ) tapi besoknya sama saja padahal thermoswitch baru..posisi idle dia naik trus temperaturnya tapi kalau saya gas ( gigi netral ) kadang turun lagi dan kipas langsung nyala..kalau posisi jalanan lancar otomatis si temperatur normal..tapi kalau sudah ktemu macet ( pasti lama2 naik )..saya curiga motor fan tapi smua montir bilang motor fan bagus koq..akhirnya motor fan di coba di jumper agar nyala terus ( hasilnya gejala masih ga hilang ).. apa yang terjadi dengan mobil saya ini..tolong bantuan nya..terima kasih


    BalasHapus
  4. Bawa ke bengkel dealer honda resmi aja pak

    BalasHapus
  5. Maaf, extra fan all new crv 2008 yg blah mana ya mas?kalo kita berdiri didepan Mobil,yang kiri apa yang kanan?ini sehubungan dengan naiknya suhu Mobil crv saya,trus saya perhatiin kipas sebelah kanan (berdiri didepan Mobil) nggak muter...makasih, mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  6. Sy ingin tanya mobil honda Accord 2005 kl di gas rpm 2000 temperatur nya naik setengah lebih mohon bantuan nya ya trims

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING

Dealer Honda Semarang
Mobil Honda Semarang

NEETA
Telp atau WA
0813.2926.4488