Mencegah Pelek Chrome atau Krom Agar Tidak Menjadi Kusam

Aplikasi pelek berlapis krom memang bisa membuat tampilan mobil jadi kelihatan beda dan lebih keren. Tapi memakai pelek krom jenis ini membutuhkan perawatan yang baik, karena kalau enggak dirawat bukannya  bikin tampilan mobil jadi keren tapi malah dapat membuat kesan sebagai mobil menjadi 'jorok'.

Untuk mempertahankan kemilau pelek berlapis krom, perawatannya harus lebih ekstra, karena noda aspal, bercak air yang dibersihkan dengan cara yang salah, bisa membuat lapisan krom menjadi rusak, timbul baret halus yang membuat permukaannya terlihat kusam.

Nah..daripada harus melapis ulang lapisan krom atau mengganti dengan pelek yang baru, langkah yang harus dilakukan yaitu dengan cara merawat dapat menghemat pengeluaran anda bukan.

Untuk mencegahnya kekusaman pada pelek krom, ikuti beberapa cara perawatan yang simple dibawah ini  :
  1. Jangan mencuci velg saat mobil baru digunakan. Sebab, velg yang masih panas akan menimbulkan jamur jika langsung disiram air. Sebaiknya tunggu sampai dingin.
  2. Pastikan ruang dalam fender bersih (dibersihkan dulu) agar kotorannya tidak jatuh dan menempel ke velg.
  3. Setelah itu, baru giliran velg. Setelah disiram, gunakan sampo atau cairan khusus. Untuk yang berwana krom, pakai cairan khusus krom untuk menghindari risiko lapisan mengelupas.
  4. Segera bersihkan pelek jika terkena guyuran hujan ataupun melewati genangan air. Jika anda melewati genangan air yang  berawal dari luapan parit, tidak cukup hanya menggunakan air. Anda harus membersihkan dengan bahan yang mengandung sabun agar segala kotoran bisa larut oleh sabun. Kotoran yang terlalu lama menempel bisa mengakibatkan pelek anda tak mulus lagi sekalipun sudah dibersihkan.  
  5. Untuk sudut yang sulit dijangkau, gunakan kuas atau sikat gigi. Jika masih terdapat noda membandel, maka sebaiknya bahasi dulu velg dan diamkan beberapa saat, baru kemudian dibersihkan.
  6. Jika terlihat terlalu banyak kotoran, sebaiknya pelek disiram dulu dengan air bersih baru dikeringkan dengan lap bersih dan halus seperti lap micro fiber untuk menghindari baret halus.
  7. Untuk membersihkan noda yang sulit dihilangkan jangan menggunakan bensin atau sembarang pembersih gunakan sikat gigi pada permukaan. Gunakan obat pembersih khusus untuk lapisan krom (chrome polish) berkualitas baik yang beredar dipasaran (bisa lihat contohya diatas).
  8.  Yakin sudah bersih? Keringkan velg dengan lap chamois.
  9.  Khusus untuk velg krom, jika ingin benda ini kinclong, maka ditaburilah bedak, kemudian digosok dengan lap bersih. Anda juga bisa menggunakan wax khusus warna krom.

Semoga bermanfaat...

Berlangganan Majalah Suzuki Gratis:

4 Responses to "Mencegah Pelek Chrome atau Krom Agar Tidak Menjadi Kusam"

  1. peleknya bagus sekali ya stainless steel mya? wkowkwokow gak lah! tapi keren banget nih sumpah!

    BalasHapus
  2. Sekarang banyak peminat pelek krom untuk mempercantik mobilnya

    BalasHapus
  3. Bisa dilakukan percobaan pada pelek krom yang Ber jamur

    BalasHapus
  4. Ada pelek mobil krom/chrom merek mugen bos?

    BalasHapus

Salam Hormat Kami

SALES MARKETING

Dealer Honda Semarang
Mobil Honda Semarang

NEETA
Telp atau WA
0813.2926.4488